Tuesday, 23 December 2014

Budidaya tanaman kantong semar

kantongsemar 300x166 Budidaya tanaman kantong semarTanaman kantong semar dengan bahasa latinnya nepenthes adalah tanaman yang memiliki bentuk unik dan menarik, selain bisa di pakai untuk hiasan rumah keunikan lain  dari tanaman ini yaitu bentuk kantong yang dimiliki oleh tanaman ini karena dapat menangkap serangga yang bisa dijadikan nurtrisi tanaman. Harga tanaman kantong semar cukup bagus, satu tanaman kantong semar bisa dihargai ratusan ribu rupiah bahkan jutaan rupiah. Menurut hemat saya tidak ada salahnya membudidayakan tanaman kantong semar sebagai salah satu peluang bisnis di rumah.

Konsumen :

Sebagian besar konsumen tanaman kantong semar adalah kelas menengah keatas dan pecinta tanaman.tetapi tidak menutup juga kelas menengah untuk membelinya sebagai hobi koleksi tanaman hias.

Cara memulainya :

Cara memulai budidaya tanaman kantong semar. Kita harus mencari bijinya terlebih dahulu untuk ditanam. Akan lebih mudah jika kita juga membeli tanaman kantong semar yang masih muda dan kecil.  Hal ini bermanfaat bagi anda utuk belajar merawat tanaman kantong semar jika kita baru mulai mencobanya, sehingga saat biji yang kita tanam sudah mulai tumbuh, kita sudah terbiasa menanamnya. Di indonesia sendiri Tanaman kantong semar yang  paling laku adalah jenis nepenthes gracilis, dimana harganya tergantung warnanya. Untuk warna hijau harganya 50000  rupiah untuk yang blm keluar kantong. Untuk yang sudah keluar kantong sekitar 100.000 untuk warna coklat lebih mahal yaitu antara 150.000-200.000 yang paling mahal adalah nepenthes reinwardtiana yang bisa mencapai 1 juta.

Hambatan :

Masyarakat yang bukan pencinta tanaman dan yang belum mengenala tanaman ini.

Kunci Sukses :

Selain melakukan pemasaran lewat media massa dan internet, tempat pameran-pameran juga sangat baik untuk mempromosikan tanaman ini. Banyak membaca tabloid atau majalah dan buku yang membahas tanaman kantong semar karena tanaman ini sering di bahas karena keuntungannya yang mengiurkan dalam memenghasilkan uang.

Tips merawat tanaman kantong semar :

Untuk budidaya dan memperbanyak tanaman ini, kita bisa melakukannya dengan setek batang. Ini adalah cara yang paling mudah :

  1. Memilih induk tanaman yang telah dewasa berumur sekitar 1 tahun dengan tinggi minimum satu meter.
  2. Memotong batangnya sepanjang 15cm dengan menyisakan 3-4 ruas daun, lalu memotong helai daun setengahnya untuk mengurangi penguapan. Dan memotong daun paling ujung hingga pangkalnya untuk mempermudah ujung pangkalnya setek masuk ke dalam media.
  3. Mengolesi ujung bawah setek dengan hormon pemacu akar atau dengan fungisida untuk mencegah batang terserang jamur.
  4. Menanam batang setek pada polybag berukuran 8 cm x 15 cm atau pada gelas plastik berukuran diameter 9 cm tinggi 13 cm yang dasar dindingnya telah dilubangi.
  5. Mengunakan media tanam dengan komposisi 1:1, dan meletakan tanaman di tempat terlindung dengan intensitas cahaya sekitar 25 %, dan kelembaban udara 70-80%. Tunas daun akan tumbuh dalam 2-4 minggu setelah tanam.
  6. Menghindarkan tanaman dari sinar matahari langsung.
  7. Setelah memiliki 3-4 daun, kita bisa memindahkan tanaman ke pot berdiameter 10-15 cm dan menambahkan media berupa humus, kompos, atau moss. Setelah itu meletakannya dalam intensitas cahaya 50 %.

Related Posts to "Budidaya tanaman kantong semar"

Response on "Budidaya tanaman kantong semar"